Obat Herpes Alami

Obat Herpes


Tanaman dandang gendis merupakan obat herpes secara alami, disamping bisa digunakan sebagai obat diabetes.

Bagi yang bukan berasal dari Jawa, tanaman dengan sebutan dandang gendis mungkin tidaklah popular dan memiliki arti apa-apa. Padahal nama tersebut akan mengingatkan dengan tembang Jawa Dandang Gulo (gendis). “Gendis adalah kata dalam bahasa Jawa yang berarti gula.

Tanaman ini diberi nama dandang gendis, karena kemungkinan dipercaya oleh nenek moyang kita bisa menyembuhkan penyakit kencing manis. Nama ini juga mengingatkan kita dengan Kertajaya, raja terakhir Kerajaan Kediri di Jawa Timur, yang dikenal dengan nama Dandang Gendis.

Dari sejarah nama terlihat bahwa tanaman ini secara tradisional telah lama digunakan untuk mengatasi salah satu masalah kesehatan. Di Negara lainpun tanaman ini ternyata tidak hanya popular untuk masalah kencing manis, namun juga masalah kesehatan lainnya. Mari kita kupas lebih lanjut tentang dandang gendis ini.


Obat Diabetes

Khasiat tanaman dandang gulo atau dandang gendis untuk mengobati kencing manis bukan hanya dibuktikan secara tradisional. Penelitian ilmiah pun membuktikan bahwa tanaman ini mampu menurunkan kadar gula dalam darah.

Pada penelitian dari ekstrak air dandang gulo dengan menggunakan hewan coba mencit yang telah dibuat terjangkiti diabetes, ternyata efek hipoglikemik (efek menurunkan kadar gula dalam darah) ekstrak kasar daun dandang gulo dalam air, menunjukkan keaktifan sebesar 64,77 % dibandingkan tolbutamid (obat mederen untuk diabetes).

Hasil ini tentunya makin menguatkan kegunaan tanaman ini untuk obat mengatasi kencing manis.

Cara menggunakannya, ambil dua genggam atau 10 gram daun dandan gulo yang telah dilayukan. Kemudian masukkan ke dalam air air mendidih dan rendam sekitar satu menit.
Saring untuk diambil airnya, setelah dingin, dapat langsung diminum.

                                                     
Obat Herpes Alami

Lain di Indonesia, lain pula di Negara tetangga kita, Thailand. Ternyata tanaman ini oleh masyarakat sana telah lama digunakan untuk mengobati penyakit yang disebabkan oleh aktivitas virus.

Di Negara ini telah diteliti efek ekstrak daun yang dikenan dengan nama local disana sebagai bi phaya yaw. Ekstrak tersebut diduga berguna untuk mengobati bisul dengan pemakaian luar alias dioleskan di bagian sakit.

Para peneliti lain di Thailand juga menguji manfaat ekstrak daun dandang gulo untuk obat herpes. Penyakit herpes adalah penyakit yang menyerang kulit dengan gejala awal yang terlihat di kulit dengan bercak kemerahan.

Dalam tempo 12 – 24 jam kemudian, akan muncul kelompok bintil-bintil berair di atas kulit yang kemerahan tersebut dan akan tumbuh terus selama 7 hari. Kemudian bintil berair itu berubah menjadi bintil bernanah dan selanjutnya mengering dengan meninggalkan bercak hitam pada kulit.

Penyakit herpes dikenal ada dua macam, yaitu herpes genitalis yang disebabkan oleh virus herpes simplex type2 (HSV-2) dan herpes zoster oleh virus Varicella zoster (VZV), keduanya berasal dari famili Herpesviridae.

Dalam penelitian yang melibatkan 51 orang sukarelawan yang terkena virus herpes VZV, sejumlah sukarelawan ini diberi ekstrak daun dandang gulo di bagian sakit. Ekstrak daun tersebut dioleskan lima kali sehari selama 7 – 14 hari.

Dari hasil penelitian tersebut dilaporkan tidak ada efek samping yang berbahaya dan semua sukarelawan memberikan respon yang baik terhadap penelitian tersebut.

Begitu pula dengan penelitian terhadap herpes genitalis. Sebanyak 27 pasien diberi krim yang berasal dari tanaman clinacanthus nutans ini untuk dioleskan sebanyak 4 kali sehari selama 6 hari dan dibandingkan dengan acyclovir.

Hasilnya sangat menakjubkan, ternyata tanaman dandang gulo ini mempunyai efek penyembuhan yang lebih bagus disbanding obat modern acyclovir.

Berbagai hasil penelitian lain juga mendukung manfaat tanaman dandang gulo untuk obat penyakit herpes. Karena itu tak heran di Thailand telah banyak dibuat sediaan krim yang berasal dari tanaman ini yang dijual di pasaran sebagai obat oles untuk menyembuhkan herpes.


Keamanan Pemakai

Telah dilakukan penelitian tanaman dandang gendis atau dandang gulo ini untuk mengetahui toksisitas secara acute dan subkronik menggunakan hewan coba. Hasilnya, tidak ada efek samping yang serius.


Profil Tanaman

Tanaman Dandang Gendis

Nama lain dandang gendis dalam bahasa sunda adalah ki tajam. Tanaman yang dalam Bahasa Latin bernama Clinacanthus nutans ini termasuk dalam familia Acanthaceae.

Merupakan perdu tahunan, tinggi lebih kurang 2,5 meter. Batang berkayu, tegak, beruas dan berwarna hijau.

Daun tunggal, berhadapan, bentuk lanset, panjang 8 – 12 mm, lebar 4 -6 mm, bertulang menyirip, berwarna hijau. Bunga majemuk, bentuk malai, di ketiak daun dan di ujung batang. Mahkota bunga berbentuk tabung, panjang 2 – 3 cm berwarna merah muda. Buah kotak, bulat memanjang berwarna cokelat.

Perbanyakan tanaman ini menggunakan stek. Pemeliharaan tanaman ini mudah, seperti tanaman lain dibutuhkan cukup air dengan penyiraman atau menjaga kelembaban tanah dan pemupukan, terutama pupuk dasar. Tanaman ini menghendaki tempat yang cukup matahari.

UNTUK INFORMASI & PEMESANAN KAMI LAYANI SENIN - MINGGU HINGGA PUKUL 21.00 WIB

Uji Kesetiaan Pasangan Anda !!!